Membersihkan Komputer Anda di Hard Disk: Hapus Ruang Bebas Disk

No Comments
Sejak awal penggunaan komputer, masalah bagaimana mencegah informasi pribadi atau sensitif dari pemulihan telah didiskusikan.  Bagi anda yang bingung dalam membuat brand pakaian atau sebagainya,anda dapat mengunjungi cara membuat brand sendiri. Orang-orang biasanya berhati-hati meletakkan file semacam ini ke dalam recycle bin, lalu mengosongkan recycle bin. Hal ini menjadi lebih jelas sekarang meskipun prosedur itu tidak menghalangi akses ke setiap dan semua informasi yang telah atau telah disimpan di komputer kapan saja dalam sejarahnya.
Metode lain yang umumnya diyakini memberantas file pribadi adalah proses defragmentasi. Kemudian para ahli meyakinkan pengguna komputer bahwa bahkan defragmentasi tidak cukup untuk secara permanen menghapus informasi dari komputer. Pada intinya pernyataan telah dibuat bahwa satu-satunya cara yang benar-benar efektif untuk secara permanen menghancurkan informasi yang disimpan pada hard drive adalah menghancurkan drive sepenuhnya.

Sebuah analogi singkat tentang bagaimana file pada hard drive disusun mungkin membantu memahami kesulitannya. Jika Anda memiliki gudang besar yang dipenuhi dengan file folder di lemari arsip dan laci dan Anda memiliki sedikit informasi di salah satu file yang tidak lagi diperlukan. Jika Anda meninggalkan materi di folder file namun dihapus dan dihancurkan label kemudian mengembalikan folder ke laci di suatu tempat di salah satu lemari Anda akan memiliki situasi yang agak mirip. Folder file yang penuh dengan informasi masih ada di lemari arsip, tetapi tidak mungkin ditemukan tanpa melalui setiap folder. Sekarang bayangkan satu langkah lebih jauh dengan membayangkan file-file komputer dengan peta ke lokasi masing-masing seseorang yang terdapat dalam registri, kemudian bukannya menghapus file, Anda hanya menghapus referensi kepada mereka dari registri atau peta. File-file itu masih ada di sana, tepat di mana mereka sebelumnya, peta tidak menunjukkan di mana tempat itu berada.

Pada registri komputer, ketika sebuah file dihapus ruang di mana ia berada diubah menjadi tersedia, sehingga akhirnya file tanpa lokasi peta diidentifikasi ditimpa dengan file baru. Kesulitannya adalah mungkin diperlukan waktu beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk menulis file ke hard drive sebelum ruang kosong khusus ini ditutupi dengan file lain.

Bahkan kemudian, perangkat lunak pemulihan file yang lebih canggih dapat menemukan dan menyusun kembali data yang tersembunyi, terkadang dua atau tiga tingkat ke bawah.

Mengubah orientasi magnetik setiap bit dengan menimpa berkali-kali dikenal sebagai menghapus ruang disk kosong. Bahkan, itu tidak mengambil sesuatu, seperti yang akan dipahami dengan menggunakan istilah menyeka. Ini sebenarnya menimpa ruang yang mungkin atau mungkin tidak memiliki file yang dihapus. Hal yang sama berlaku untuk file-file sementara yang dapat menunjukkan ahli menentukan situs apa yang telah Anda kunjungi dan file apa yang telah Anda coba hapus dari komputer Anda.

Dengan menggunakan perangkat lunak penghapusan disk pada komputer Anda, Anda dapat yakin bahwa file yang dihapus tidak dapat dipulihkan.

back to top